Sistem Keamanan Komputer

TUGAS MAPSI
1Apa.yang dimaksud SI, jelaskan dan berikan contoh model dalam aplikasi dunia Usaha?
System informasi dibedakan menjadi 2 yaitu, system informasi manual dan system infomasi berbasis computer(CBIS)
Menurut Turban, McLean, dan Wetherber (1999) Sistem informasi adalah sebuah system informasi memgumpulkan,memproses, menyimpan,menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
Menurut Wilkinson (1992) Sistem infomasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia dan komputer) untuk mengubah masukan(input)menjadi keluaran(informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.
Jadi system informasi itu adalah hal untuk mempermudah user untuk mendapatkan infomasi.

Contoh system informasi
- system reservasi pesawat terbang
- system untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor
- system biomerik
- system berbasis kartu cerdas(smart card)

2. Jelaskan maksud dari CBIS, apa manfaat dan tujuan CBIS bagi perusahaan!

CBIS adalah merupakan system pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. CBIS = Hardware + Software + People + Procedure + Information
Manfaat dan tujuan CBIS Perusahaan yaitu mempermudah user.

3. Terdapat beberapa Metodologi Pengembangan Sistem, jelaskan kekurangan dan kelebihan dari metodologi yang ada!

a. Model sekuensial (pressman)(classic life cycle/waterfall model(dewitz)),terdiri dari tahapan perencanaan system(rekayasa sistem), analisis kebutuhan, desain, penulisan program, pengujian dan perawatan system
- kekurangan
- kelebihan
b. Model prototype (prototiyping model), dimulai dengan pengumpilan dan perbaikan, desain cepat, pembentukan prototype, evaluasi pelanggan terhadap prototype, perbaikan prototype dan produk akhir.
- kekurangan
- kelebihan
c. Rapid Application Development (RAD) model, dengan kegiatan dimulai pemodelan bisnis, pemodelan data, pemodelan proses, pembangkitan aplikasi dan pengujian.
- kekurangan
- kelebihan
d. Model evolusioner yang dapat berupa model incrementalmerupakan gabungan model sekuensial linier dengan prototyping(mis perngkat lunak pengolah kata dengan berbagai versi). Sedangkan model spiral menekan adanya analisis resiko. Jika analisis resiko menunjukkan ada kepastian terhadap kebutuhan, maka pengembangan system dapat dihentikan.
- kekurangan
- kelebihan
e. Teknik generasi ke-empat(4GL), dimulai dengan pengumpulan kebutuhan, strategi perancangan, implementasi menggunakan 4GL dan pengujian.
- kekurangan
- kelebihan

4. Mengapa dibutuhkan analisis dalam pengembangan suatu sistem, jelaskan dan sebutkan macam analisis yang dilakukan?

Analisis dan perancangan system informasi merupakan bagian atau tahapan pengembangan sistam. Tahapan-tahapan pengembangan system informasi berhubungan dengan yang lain untuk membentuk suatu siklus.

Macam-macam analisis system:
- Analisis kelayakan
Analisis kelayakan merupakan proses yang mempelajari atau menganalisis pemasalahan yang telah ditentukan sesyai dengan tujuan akhir yang ajan dicapai. Analisis kelayakan digunakan untuk menentukan kemungkinan keberhasilan solusi yang diusulakan. Tahapan ini berguna untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan tersebut benar-benar dapat tercapai dengan sumber daya dengan memperhatikan kendala yang terdapat pada permasalahan serta dampak terhadap lingkungan sekeliling. Lima macam kelayakan dalam merancang system informasi yaitu keleyakan teknik, kelayakan ekonomi, kelayakan operasi, kelayakan hokum dan kelayakan jadwal.
- Analisis kebutuhan
Analisis kebutuhan merupakan proses untuk menghasilkan spesifikasi kebutuhan. Spesifikasi kebutuhan adalah spesifikasi yang dirinci tentang pengolahan data yaitu jumlah data yang harus diproses, waktu pengolahan saat data siap diproses sampai informasi yang dihasilakan. Spesifikasi ini digunakan untuk membuat kesepakatan dalam pengembangan system.

5. Perangkat apa saja yang digunakan dalam Network System, dan gambarkan satu model/bentuk sistem jaringan?

Kabel atau perangkat Wi-Fi, Ethernet card, hub atau switch, repeater, bridge, atau router.

Bentuk system jaringan MAN(Metropolitan Area Network)


6. Peralatan apa saja yang digunakan dalam pengembangan sistem, jelaskan beserta contoh?

o Aplikasi pembuat sistem: sistem informasi berbasis web dengan macromedia dreamweaver.
o Peralatan pendukung sistem: bar code
o Design interface dll: komputer
7. Jelaskan maksud dari kebutuhan – kebutuhan (Fungsional dan Non Fungsional) dalam Pengembangan Sistem Informasi!

Kebutuhan Fungsional adalah jenis kebutuhan yang berisi proses-proses apa saja yang nantinya dilakukan oleh system, kebutuhan fungsional juga berisi informasi-informasi apa saja yang harus ada dan dihasilkan oleh system.

Kebutuhan non fungsional adalah kebutuhan yang berisi properti perilakuyang dimiliki oleh system.

8. Bagaimana menjelaskan tentang sistem keamanan komputer dan jaringan?

Sistem Keamanan computer dan jaringan mempunyai maksud mengkontrol yang dipasang untuk meningkatkan kinerja system, meencegah atau mendeteksi kesalahan system, menjamain keamanan data, informasi dan persyaratan.

9. Berikan penjabaran dan contoh model perancangan DBMS, lengkapi dengan gambar!

DBMS adalah Perangkat lunak yang menyediakan akses terhadap database, DBMS memungkinkan sebuah organisasi untuk menyimpan data dalam satu lokasi dan data tersebut dapat diperbaharui dan dapat diambil kembali serta meenyediakan akses terhadap data yang disimpan dengan berbagai program aplikasi.


10.Buat Prototype pengembangan Sistem Presensi Amikom 
   isilah prototype yang anda ketahui

source: http://www.diaryilmu.co.cc/

0 komentar: