SISTEM DATA BASE PADA RENTAL VCD


Tujuan Belajar
1. Define elektronik commerce (EC) dan menjelaskan berbagai kategori.
2. Jelaskan dan mendiskusikan isi dan kerangka EC.
3. Jelaskan jenis utama transaksi EC.
4. Jelaskan revolusi digital sebagai penggerak EC.
5. Menggambarkan lingkungan bisnis sebagai driver dari EC. Jelaskan beberapa model bisnis EC.
7. Jelaskan manfaat dari Komisi Eropa untuk organisasi, konsumen, dan masyarakat.
8. Jelaskan keterbatasan EC.
9. Jelaskan kontribusi Komisi Eropa untuk organisasi menanggapi lingkungan  tekanan.
10. Jelaskan sosial dan bisnis online jaringan.

Electronic Commerce:
Definisi dan Konsep
�� elektronik commerce (EC)
Proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui jaringan komputer
�� EC dapat didefinisikan dari perspektif:
�� Proses bisnis Layanan
�� Belajar
�� Kolaborasi
�� Komunitas
�� e-bisnis
Sebuah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi  tidak hanya membeli dan menjual barang dan jasa, tetapi juga melayani pelanggan, berkolaborasi dengan bisnis mitra, dan melakukan elektronik transaksi dalam sebuah organisasi

Murni versus Partial EC
�� EC dapat mengambil beberapa bentuk tergantung pada derajat digitalisasi
1. produk (layanan) yang dijual
2. proses (misalnya, pemesanan, pembayaran, pemenuhan)
3. metode pengiriman
bata-dan-mortir (ekonomi lama) organisasi
Lama-ekonomi organisasi
(Perusahaan) yang melakukan mereka primer bisnis off-line, penjualan fisik produk melalui agen fisik
�� virtual (murni-play) organisasi  Organisasi yang melakukan mereka kegiatan usaha semata-mata online klik-dan-mortir (klik-dan-bata) organisasi
Organisasi yang melakukan e-commerce beberapa kegiatan, biasanya sebagai tambahan saluran pemasaran
�� Internet Internet versus Non-EC
Kebanyakan
�� EC dilakukan melalui Internet, tetapi Komisi Eropa juga dapat dilakukan pada jaringan swasta, seperti jaringan nilai-tambah, area lokal jaringan, atau pada komputer tunggal mesin
�� non-internet EC termasuk penggunaan mobile tulisan tangan-pengakuan komputer yang digunakan oleh tenaga lapangan untuk menulis catatan mereka di lapangan
�� pasar elektronik (e-pasar)
Sebuah pasar online di mana pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar barang, jasa, uang, atau informatio
interorganisasional sistem informasi (Rugi)
Sistem komunikasi yang memungkinkan rutin pemrosesan transaksi dan arus informasi antara dua atau lebih organisasi
�� sistem informasi intraorganizational
Sistem komunikasi yang memungkinkan e-commerce kegiatan untuk pergi pada individu dalam
organizationsn

intranet
Sebuah internal perusahaan atau pemerintah jaringan yang menggunakan alat internet, seperti
Web browser, dan protokol Internet

�� extranet
Sebuah jaringan yang menggunakan Internet untuk link beberapa intranet

Kerangka EC, Klasifikasi, dan Konten
�� EC aplikasi yang didukung oleh infrastruktur dan oleh lima dukungan daerah:
�� Orang
�� Kebijakan Publik
�� Pemasaran dan iklan Dukungan layanan
�� Bisnis kemitraan

Klasifikasi EC oleh Sifat Transaksi atau Interaksi
�� bisnis-to-business (B2B)
E-commerce model di mana semua peserta bisnis atau lainnya
organisasi bisnis-ke-konsumen (B2C) E-commerce model bisnis yang menjual individu pembeli
�� e-tailing
Ritel online, biasanya B2C
�� bisnis-to-business-to-consumer (B2B2C)
E-commerce model bisnis di mana menyediakan beberapa produk atau layanan kepada klien bisnis yang mempertahankan pelanggan sendiri
�� konsumen-ke-bisnis (C2B)
E-commerce model di mana individu-individu menggunakan Internet untuk menjual produk atau jasa kepada organisasi atau individu yang mencari penjual untuk tawaran produk atau layanan yang mereka butuhkan
�� mobile commerce (m-commerce)
E-commerce transaksi dan kegiatan dilakukan dalam lingkungan nirkabel berbasis lokasi commerce (l-commerce)
M-commerce transaksi ditargetkan ke individu di lokasi tertentu, pada waktu tertentu
�� intrabusiness EC
E-commerce kategori yang mencakup semua internal organisasi kegiatan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, atau informasi di antara berbagai unit dan individu dalam organisasi
bisnis-ke-karyawan (B2E)
E-commerce model di mana organisasi memberikan layanan, informasi, atau produk kepada nya individu karyawan
�� kolaboratif commerce (c-commerce)
E-commerce model di mana individu atau kelompok berkomunikasi atau berkolaborasi secara online
�� konsumen-to-consumer (C2C)
E-commerce model di mana konsumen menjual langsung kepada konsumen lain

peer-to-peer (P2P)
Teknologi yang memungkinkan jaringan peer komputer  berbagi data dan pengolahan satu sama lain secara langsung; dapat digunakan dalam C2C, B2B, B2C dan e-commerce
�� e-learning
Penyerahan online informasi untuk tujuan pelatihan atau pendidikan
�� e-pemerintah
E-commerce model di mana suatu badan pemerintah membeli atau menyediakan barang, jasa, atau informasi dari atau ke bisnis atau individu warga negara
pertukaran
Sebuah pasar elektronik publik dengan banyak pembeli dan penjual
tukar ke-pertukaran (E2E)
E-commerce model yang elektronik bursa secara resmi terhubung ke salah satu lain untuk tujuan pertukaran informasi

Sifat Antardisiplin EC
�� Revolusi Google
�� EC Kegagalan
�� EC Keberhasilan

Masa Depan EC
�� Web 2.0
Generasi kedua berbasis internet layanan yang memungkinkan orang berkolaborasi dan berbagi informasi online dianggap baru cara-seperti situs jaringan sosial, wiki, alat komunikasi, dan folksonomies

Drives Revolusi Digital EC
ekonomi digital
Ekonomi yang didasarkan pada digital teknologi, termasuk digital komunikasi jaringan, komputer,
perangkat lunak, dan informasi terkait lainnya teknologi; juga disebut Internet ekonomi, ekonomi baru, atau Web ekonomi

Drives Bisnis Lingkungan EC
�� Lingkungan Bisnis
�� Model bisnis dampak lingkungan
�� tekanan Bisnis
�� Organisasi strategi respon EC Model Bisnis
�� model bisnis Sebuah metode melakukan bisnis dengan mana perusahaan dapat menghasilkan pendapatan mempertahankan diri

Enam elemen dari sebuah model bisnis meliputi deskripsi:
1. Pelanggan untuk dilayani dan hubungan perusahaan dengan pelanggan termasuk proposisi nilai   pelanggan
2. Semua produk dan layanan bisnis akan menawarkan
3. Proses bisnis diperlukan untuk membuat dan menyampaikan produk dan jasa
4. Sumber daya yang diperlukan dan identifikasi yang mana yang tersedia, yang akan dikembangkan di rumah, dan yang perlu diperoleh
5. Organisasi rantai pasokan, termasuk pemasok dan mitra usaha lainnya
6. Pendapatan yang diharapkan (model pendapatan), biaya yang diantisipasi, sumber pembiayaan, dan keuntungan yang diestimasi (keuangan viabilitas)

model pendapatan
Deskripsi tentang bagaimana perusahaan atau proyek Komisi Eropa akan memperoleh pendapatan
�� nilai proposisi
Manfaat perusahaan dapat berasal dari menggunakan EC

Model pendapatan utama adalah:
�� Penjualan
�� Biaya transaksi Berlangganan
�� Periklanan biaya
�� biaya Afiliasi
�� sumber pendapatan lain

Fungsi Model Bisnis
�� Artikulasikan nilai proposisi pelanggan
�� Identifikasi segmen pasar
�� Tentukan nilai spesifik ventura struktur rantai
�� Perkirakan struktur biaya dan potensi keuntungan
�� Jelaskan positioning usaha dalam waktu nilai menghubungkan jaringan pemasok dan pelanggan
�� Merumuskan strategi bersaing usaha yang
Khas Model EC Bisnis
Online pemasaran langsung Elektronik
�� sistem tender.
Nama
�� harga sendiri
�� Temukan harga terbaik
�� Afiliasi pemasaran
�� Viral marketing
Grup
�� pembelian
�� pelelangan Online
�� Produk dan layanan
kustomisasi
�� pasar dan Elektronik bursa Informasi
�� broker (Informediaries)
�� barter
�� Deep diskon
�� Keanggotaan
�� Nilai-rantai integrator
�� Nilai-rantai penyedia layanan
�� supply chain improvers

Sosial
�� jaringan, masyarakat, dan blogging
�� langsung dijual oleh produsen
�� Negosiasi
�� tender (penawaran) sistem
Model di mana permintaan pembeli wouldbe penjual untuk mengirimkan tawaran, yang terendah penawar menang
�� nama--sendiri harga model
Model di mana pembeli menentukan harga yang dia atau dia bersedia membayar dan mengajak penjual untuk memasok barang atau jasa pada harga

afiliasi pemasaran
Suatu pengaturan dimana pemasaran mitra (bisnis, organisasi, atau bahkan individu) mengacu konsumen
perusahaan menjual situs Web
�� virus pemasaran
Word-of-mulut pemasaran di mana pelanggan mempromosikan produk atau jasa dengan teman atau orang lain
�� UKM
Kecil-ke-menengah
�� pembelian kelompok
Kuantitas (agregat) pembelian yang memungkinkan kelompok pembeli untuk mendapatkan potongan harga pada produk-produk dibeli
e-co-ops
Nama lain untuk grup online pembelian organisasi
�� kustomisasi
Penciptaan produk atau jasa sesuai dengan spesifikasi pembeli


Manfaat dan Keterbatasan EC
�� Manfaat bagi
�� Organisasi
�� Konsumen
�� Masyarakat
�� Keterbatasan
�� Teknologi
�� Nontechnological

Jaringan Sosial dan Bisnis
�� sosial jaringan
Situs web yang menghubungkan orang dengan kepentingan khusus dengan menyediakan bebas layanan seperti presentasi foto, email, blogging, dll
jaringan
�� Bisnis yang berorientasi sosial
jaringan yang mana tujuan utamanya adalah untuk memfasilitasi bisnis

Digital Enterprise
�� perusahaan digital
Sebuah model baru bisnis yang menggunakan TI dalam cara mendasar untuk mencapai satu atau lebih dari tiga tujuan dasar: jangkauan dan terlibat pelanggan lebih efektif, meningkatkan kerja produktivitas, efisiensi dan memperbaiki operasional. Menggunakan komunikasi dan terkonvergensi teknologi komputasi dengan cara yang meningkatkan proses bisnis

perusahaan portal

Sebuah gerbang utama melalui mana karyawan, mitra usaha, dan publik dapat memasukkan situs Web perusahaan

Masalah Manajerial
1. Apakah itu nyata?
2. Mengapa e-commerce B2B begitu menarik?
3. Ada begitu banyak kegagalan EC-bagaimana dapat satu menghindarinya?
4. Bagaimana kita mengubah organisasi kami menjadi satu digital?
5.Bagaimana seharusnya kita mengevaluasi magnitudonya tekanan bisnis dan kemajuan teknologi?
6. Bagaimana kita bisa memanfaatkan sosial / bisnis jaringan?
7. Apa yang harus strategi perusahaan saya terhadap EC?
8. Apa tantangan atas EC?

0 komentar: