MERANCANG SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS JAVA


MERANCANG SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN
BERBASIS JAVA




Disusun Oleh :
Iman Nur Rahman (08.12.3373)
Aries Setiawan (08.12.3378)
Sutriyono (08.12.3385)
Fazlul Rahman (08.12.3397)
Jati Ari Wibowo (08.12.3400)
Kelas S1-SI-5J

JURUSAN SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM”
YOGYAKARTA
2010




BAB 1
LATAR BELAKANG MASALAH

Tingginya budaya gemar membaca, mengakibatkan meningkatnya minat membaca. Tanpa membaca orang tidak akan tahu apa-apa karena ibarat “ Buku Adalah Jendela Dunia”. Minat membaca ditunjukan dengan keinginan yang begitu kuat untuk melakukan kegiatan membaca. Untuk memenuhi kebutuhan kegiatan membaca tersebut, biasanya seseorang atau bahkan sekelompok orang akan pergi ke suatu tempat yang menyediakan bahan bacaan yang dibutuhkan, salah satunya yaitu perpustakaan.
Dalam sebuah perpustakaan tentunya terdapat sebuah peraturan dan hal utama yakni sebuah informasi dan ilmu pengetahuan. Dalam kenyataan yang sering kita temui, penyajian informasi dalam sebuah perpustakaan masih tergolong tradisional dan masih mengikuti cara lama. Hal ini bisa ditemui pada penyajian daftar buku, penyimpanan data anggota, peminjaman, dan lain sebagainya.
Dengan merujuk pada perkembangan teknologi tentunya sangat tepat jika pada sebuah layanan informasi sebuah perpustakaan dibuat lebih modern dan lebih memudahkan pemakai. Sehingga pelayanan dari perpustakaan dapat lebih lancar dan baik dalam melaksanakan kegiatan pinjam-meminjam buku


BAB 2
PERUMUSAN MASALAH
Pada perancangan system informasi ini kami akan akan membuat sebuah System Informasi Perpustakaan yang berbasiskan Java. Kami akan melakukan uji coba sejauh mana keberhasilan kami dalam membuat Sistem Informasi Perpustakaan terhadap segi kualitas, kelancaran dan kestabilan. Kami juga akan menguji kestabilan sistem dengan mencoba meletakkan program ke dalam sebuah perangkat komputer dengan spesifikasi rendah.

BAB 3
TUJUAN PROGRAM
  Merujuk pada latar belakang dan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang hendak kami
capai dalam penelitian ini antara lain adalah :
1. Membuat sebuah sistem informasi perpustakaan yang dapat dijangkau oleh semua
kalangan dan memberikan sebuah layanan informasi perpustakaan yang cepat dan modern.

2. Media informasi dan implementasi dari adanya teknologi yang bisa digunakan dalam
pengelolaan data perpustakaan dan penyedianaan layanan perpustakaan.
3. Mengurangi resiko kehilangan data siswa dan siswi yang ikut menjadi anggota dalam perpustakaan yang dirasa sangat penting

Hasil yang diharapkan dari pembuatan system informasi perpustakaan ini adalah agar para pustakawan tidak perlu repot-repot lagi dalam proses pencatatan peminjaman atau pengembalian buku yang dilakukan oleh siswa yang masih menggunakan metode manual dan data-datanya kurang aman, mudah hilang, cepat rusak sehingga dapat menimbulkan suatu kerugian yang disebabkan oleh factor kelalaian atau ketidaktelitian yang berakibat hilangnya data-data penting perpustakaan.

BAB 4
KEGUNAAN PROGRAM
Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah system yang mempermudah kinerja pustakawan dalam mengatur proses meminjam dan mengembalikan buku yang di lakukan oleh siswa sehingga para pustakawan kerjanya lebih maksimal dan bisa lebih optimal.


BAB 5
METODE PELAKSANAAN PROGRAM
Metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan pembuatan Sistem informasi perpustakaan, terdiri dari langkah-langkah berikut :
1.             Melakukan persiapan pertemuan dan pembentukan awal tim untuk menentukan jadwal dan pembagian tugas masing-masing .
2.             Mengumpulkan informasi dan referensi baik buku maupun dari media internet yang terkait dengan penelitian.
3.             Melakukan analisa dan uji coba hasil pembuatan system dengan          menggunakan perangkat komputer berspesifikasi rendah.
4.             Menulis laporan hasil pembuatan system informasi perpustakaan

0 komentar: